Responsive Advertisement

SMA MAHA BODHI BERLATIH DEMOKRASI , PEMILU OSIS TERBAIK DI INDONESIA

LENTERAMB, Karimun– Antrian panjang, penasaran dan antusias. Itulah perasaan pelajar SMA Maha Bodhi, Kamis (25/9). Ada apa ya? Ternyata, mereka sedang melakukan pesta demokrasi. Mereka sedang melakukan pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2014-2015. Uniknya, mereka menggunakan sistem pemilihan langsunya layaknya pemilihan presiden (Pilpres).


 Proses pemilihan langsung Ketua Osis ini seperti layaknya pesta demokrasi di negeri ini, seperti memilih calon presiden. Berbagai persiapan logistik pemilihan, para calonnya yakni calon Ketua Osis, masa kampanye, ada debatnya, sampai tatacara pencoblosannya, mirip sekali dengan pelaksanaan Pilpres.

Bertempat di Aula SMA Maha Bodhi, pemilihan pun berlangsung meriah. Teknis pencoblosan juga cukup menarik, panitia membagikan surat suara kepada pemilih yang antri untuk mecoblos pilihan mereka. Ada tiga bilik suara dan tiga kotak suara yang telah disediakan terbagi untuk kelas X, XI dan XII.

Pelaksanaannya berlangsung meriah. Siswa dan guru terlibat menggunakan hak suaranya. Usai pencoblosan, rakyat SMA Maha Bodhi ikut antusias menanti sosok ketua yang bakal terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. “Siswa semua antusias waktu menghitung suara. Seperti menanti pengumuman pemenang Capres juga,” ujar Wakil kesiswaan, Bapak Narno S Kom.

Bapak Drs Wachyu Wicaksono, Kepala SMA Maha Bodhi mengatakan, pesta demokrasi tersebut merupakan momentum yang bagus sebagai sarana pembelajaran demokrasi langsung.

“Jadi dimasa mendatang mereka tidak asing lagi dengan sistem pemilihan langsung. Ini sekaligus melatih keberanian siswa untuk tampil di depan publik seperti dengan adanya penyampaian orasi, gagasan ide dan pemecahan masalah melalui sesi debat Ketua OSIS itu,” katanya.

Bapak Wachyu Wicaksono juga mengatakan  kegiatan yang berjalan sukses itu akan menjadi kegiatan tahunan karena merupakan simulasi pembelajaran demokrasi yang sangat efektif untuk kalangan pelajar.  


Ada tiga calon yang bertarung, antara lain Natasya Amelia Clarisa, Indra dan Seline Dian. Mereka merupakan figur yang tidak asing lagi karena segudang pengalamannya. Setelah dilakukan rekapitulasi suara, panitia menyatakan bahwa dari total 234 suara dengan persentase suara, Natasya 29.2%, Indra 46,1%  dan Seline dengan 24.7% sehingga Indra dinyatakan sebagai Ketua OSIS terpilih untuk Masa Bakti 2014-2015.

Ketua OSIS terpilih SMA Maha Bodhi periode 2014-2015, Indra mengatakan akan terus meningkatkan kerjasama antar anggota osis dan pelajar. “Saya berharap semua siswa bisa berpikir kreatif dan tanggap akan masalah agar bisa mengharumkan nama SMA Maha Bodhi,” ujarnya. (tim)


Post a Comment

0 Comments