Responsive Advertisement

SISWA SMA MAHA BODHI MENDAPAT PELATIHAN JURNALIST DI TRIBUN BATAM

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Puluhan pelajar SMA Maha Bodhi Karimun mengunjungi redaksi Tribun Batam, Sabtu (26/9/2015) pada pukul 10.00 WIB. Kunjungan pelajar yang didampingi pengajar ini langsung disambut editor online Tribun Batam Iman Suryanto.

Kursi yang tersusun rapi di ruangan redaksi Tribun langsung di duduki para pelajar ini. Mereka seolah tak sabar untuk mendapat penjelasan bagaimana membuat berita di Koran. Dengan lugas dan jelas Iman menerangkan bagaimana membuat berita gaya Tribun.
“Tribun Batam memiliki gaya khas dalam meramu berita. Hal tersebut menjadi Tribun berbeda dengan koran lain,” terang Iman. Para pelajar ini antusias mendengar penjelasan dan aktif dalam bertanya.
Iman juga menjelaskan secara sederhana bagaimana tahapan produksi koran Tribun Batam mulai dari pencarian berita hingga percetakannya.
Setelah penjelasan koran cetak dipaparkan giliran online Tribun Batam yang bahas. “Dunia online dan cetak berbeda, namun online Tribun hadir untuk memperkuat berita cetak,”jelasnya.
Misalnya ada gempa bumi, online Tribun Batam akan menyajikan berita dengan cepat dan padat. Sedangkan koran cetak akan membuat berita lebih mendalam.
Nah, lanjut Iman penyebaran berita di online juga sangat dibantu dengan kehadiran media social seperti Facebook. “Kami memiliki satu orang yang mengurus medsos untuk mendorong penyebaran berita Tribun Batam,” ungkapnya.
Setelah penjelasan materi selesai, kegiatan berlanjut ke proses percetakan koran. Para pelajar diajak melihat mesin percetakan koran. Disini Iman menjelaskan cara kerja mesin hingga tercetak menjadi koran.
"Ini mesin percetakannya. Disini ada dua mesin, untuk mencetak halaman hitam putih dan berwarna," jelasnya .Setelah selesai acara ditutup berfoto bersama.




Post a Comment

0 Comments